Tentang SIMSTAN

Teknologi informasi (TI) mengalami perkembangan yang sangat pesat. Perkembangan itu memberikan dampak, baik dampak positif maupun dampak negatif. Dampak perkembangan TI dapat dirasakan oleh lembaga pemerintah maupun swasta. Salah satu lembaga yang merasakan dampak tersebut adalah Badan Litbang Kementerian Pekerjaan Umum khususnya dalam hal layanan informasi standar. Layanan informasi standar disediakan untuk mendukung kegiatan penyebarluasan standar. Setiap pengguna standar dapat memperoleh informasi yang dibutuhkan secara efektif dan efisien melalui penelusuran database standar.

Database sudah menjadi suatu kebutuhan utama untuk menunjang informasi. Selain berguna untuk menyimpan informasi, database digunakan untuk mengolah data sesuai dengan yang dibutuhkan. Pengembangan database layanan informasi standar memerlukan dukungan dari segenap pihak agar dapat menunjang sistem manajemen akuntabilitas kinerja Kementerian Pekerjaan Umum sebagai instansi pemerintah yang mempunyai tugas menyebarluaskan informasi standar. Selain itu juga untuk mendukung penerapan konsep good governance terutama terkait dengan kaidah transparansi keterbukaan informasi publik.

Website Standar dibuat pertama kali pada tahun 2000 dengan desain dan sistem yang masih belum sempurna. Situs Standar saat itu belum terintegrasi dalam suatu database, sehingga sangat sulit dalam mengelola data yang semakin lama semakin komplek. Website Sekretariat Panitia Teknis Balitbang mengelola database dari empat sub panitia teknis, antara lain sub panitia teknis Sumber Daya Air, Sub Panitia Rekayasa Jalan dan Jembatan, Sub Panitia Teknis Perumahan dan Sarana Prasarana Permukiman, Sub Panitia Teknis Bahan Sains Struktur dan Konstruksi Bangunan. Sehingga perlu input data secara online.

Meningkatnya jumlah standar konstruksi dan bangunan dari tahun ke tahun yang dihasilkan Kementerian Pekerjaan Umum terutama oleh Badan Litbang PU selaku Sekretariat Panitia Teknik Standardisasi, memerlukan pengembangan Sistem Informasi dan Database khusus mengenai Standar Bidang Bahan Konstruksi Bangunan dan Rekayasa Sipil tidak hanya dalam pengelolaan data yang secara online tetapi juga dapat menampilkan web yang "user friendly", sehingga kinerja pelayanan kepada masyarakat dan pimpinan akan lebih efektif dan efisien.

Untuk menunjang penginformasian yang user friendly, database dan website standar perlu disusun berdasarkan kerangka yang jelas yaitu berdasarkan peraturan perundangan yang telah dikeluarkan oleh pemerintah yang meliputi UU, PP, maupun peraturan yang dikeluarkan oleh Menteri PU. Data base standar, pedoman, manual selanjutnya bagi tim perumus dapat dimanfaatkan sebagai masukan dalam kegiatan program nasional pengusulan standar (PNPS), untuk memudahkan pengecekan (menghindari duplikasi penyusunan standar, pedoman, manual di lingkungan Kementerian PU) ataupun melihat prioritas judul yang diperlukan, maupun penginformasian proses perumusan sesuai perubahan yang sedang berjalan.

Sejalan dengan terbentuknya lebih dari 29 jaringan simpul layanan informasi standar pedoman manual di berbagai daerah, peranan database/website dalam menyebarluaskan informasi standar pedoman manual menjadi sangat penting.

Tentang Kami

Kementerian Pekerjaan Umum: Sistem Informasi Manajemen Standard: Bahan Konstruksi Bangunan dan Rekayasa Sipil

Kontak

Copyrights © 2018 - SIMSTAN. All Rights Reserved