Simpul Layanan Informasi Standar

Untuk mendukung pemasyarakatan standar kepada pengguna dan kemudahan akses bagi pengguna, sejak tahun 2009 dibuat jejaring simpul layanan informasi standar. Sebagai tahap awal pada tahun anggaran 2009 simpul layanan informasi standar dibentuk dibalai-balai di lingkungan Balitbang yang berada di luar kota Jakarta dan Bandung, Makasar, Denpasar, Yogyakarta, Surabaya serta di institusi yang dianggap strategis mewakili Kementerian Pekerjaan Umum di Jakarta yaitu di Perpustakaan Kementerian Pekerjaan Umum serta di Dinas PU Provinsi NTB dan Propinsi Jawa Tengah sesuai permintaan. Pada tahun-tahun berikutnya kedepan akan dibentuk lebih banyak lagi simpul layanan informasi standar ini.

Persyaratan untuk menjadi anggota simpul layanan informasi standar diantaranya adalah memiliki komitmen untuk memahami, menerapkan, dan menyebarluaskan SPM di bidang ke PU-an dan memiliki status kelembagaan yang legal yaitu:

Institusi di lingkungan Kementerian Pekerjaan Umum di daerah;
Dinas Pemerintah Daerah dan Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) yang terkait dengan bidang pekerjaan umum, sistem komunikasi publik atau jasa pembinaan/pelatihan;


Perguruan Tinggi.
Simpul layanan informasi standar dikelola oleh organisasi fungsional dari lembaga pengusul yang ditetapkan secara resmi oleh Ketua Panitia Teknis/ Kepala Badan Litbang PU.

Keberadaan simpul layanan informasi ditentukan berdasarkan:
Cakupan kerja wilayah Balai/Balai Besar di lingkungan Kementerian Pekerjaan Umum;
Wilayah administrasi pemerintahan di daerah;
Wilayah administrasi Perguruan Tinggi yang terkait bidang Pekerjaan Umum.

Pembinaan simpul layanan informasi standar terdiri dari:
Simpul layanan informasi yang berada di Sekretariat Panitia Teknis (PT) Badan Litbang Kementerian Pekerjaan Umum dibina leh BSN.
Simpul layanan informasi yang berada di masing-masing Pusat Litbang di lingkungan Badan Litbang; (Puslitbang SDA, Puslitbang Jatan, Puslitbang Permukiman dan Puslitbang Sosekling), Perpustakaan Kementerian Pekerjaan Umum, Pusdiklat Kementerian Pekerjaan Umum, Pemda/PIP2B, Perguruan Tinggi; dibina oleh Sekretariat Panitia Teknis;
Perguruan tinggi yang lokasinya berada di wilayah kerja Pusat Litbang, pembinaan dilakukan oleh Pusat Litbang.
Simpul layanan informasi yang berada di Balai/Balai Besar di lingkungan Kementerian PU, dibina oleh Pusat Litbang;

Monitoring dan evaluasi
Untuk memantau kinerja dan efektifitas pelaksanaan simpul informasi standar (tinjauan sistem), akan diadakan koordinasi berkala yang difasilitasi oleh Sekretariat Panitia Teknis yang dilaksanakan minimal sekali setahun.

Anggota simpul layanan informasi saat ini adalah sebagai berikut:

Tentang Kami

Kementerian Pekerjaan Umum: Sistem Informasi Manajemen Standard: Bahan Konstruksi Bangunan dan Rekayasa Sipil

Kontak

Copyrights © 2018 - SIMSTAN. All Rights Reserved