Sertifikasi Laboratorium

1. Pembinaan Teknis Laboratorium Daerah Menuju Akreditasi dan Peningkatan Mutu Infrastruktur. (Baca selengkapnya, format pdf)
2. Surat Edaran Nomor : 02/SE/M/2007 tentang penyelenggaraan Jasa Konstruksi Untuk Instansi Pemerintah Tahun Anggaran 2007 poin 11 tentang produk konstruksi yang handal wajib memenuh ketentuan ini (Baca Selengkapnya, format Pdf)

Pembinaan Teknis Laboratorium Daerah Menuju Akreditasi dan Peningkatan Mutu Infrastruktur. (Baca selengkapnya, format pdf)

Surat Edaran Nomor : 02/SE/M/2007 tentang penyelenggaraan Jasa Konstruksi Untuk Instansi Pemerintah Tahun Anggaran 2007 poin 11 tentang produk konstruksi yang handal wajib memenuh ketentuan ini
(Baca Selengkapnya, format Pdf)

KEGIATAN EVALUASI REKOMENDASI KELAYAKAN OPERASIONAL DAN SURVAILEN

Sesuai dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 102 Tahun 2000, Pasal 16 Ayat 1 disebutkan bahwa laboratorium diakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN). Terkait hal ini, Sekretariat Balitbang PU mengeluarkan sertifikat  rekomendasi yang merupakan media transisi dari akreditasi Komite Akreditasi Laboratorium (KAL) Dep. PU ke akreditasi oleh KAN. Proses rekomendasi didahului dengan penilaian oleh tim evaluasi Balitbang dengan melakukan assesmen ke lapangan. Terdapat 4 (empat) aspek utama yang menjadi bahan pertimbangan dalam penilaian/ evaluasi kelayakan operasional yaitu:
1.      Kondisi peralatan yang meliputi kondisi fisik, kondisi fungsional dan sertifikat kalibrasi ;
2.      Kompetensi personil yang ditunjukkan dengan kemampuan mendemonstrasikan pelaksanaan pengujian;
3.      Metode pengujian yang digunakan;
4.      Kondisi lingkungan pengujian.

Selain evaluasi terhadap kelayakan operasional, dilakukan pula evaluasi terhadap kesiapan akreditasi KAN. Selama tahun 2009, 5 laboratorium daerah/UPTD telah dievaluasi tim Balitbang PU untuk kesiapan akreditasi KAN sekaligus evaluasi pemberian rekomendasi kelayakan operasional, survailen dan perpanjangan rekomendasi kelayakan operasional. Dan berdasarkan hasil evaluasi teknis kelayakan operasional laboratorium terhadap parameter pengujian yang diuraikan pada masing-masing profil Laboratorium, tim evaluasi menilai bahwa rekomendasi kelayakan operasional laboratorium bisa diberikan terhadap kelompok pengujian tertentu seperti yang tertera dalam tabel di bawah ini :

Tentang Kami

Kementerian Pekerjaan Umum: Sistem Informasi Manajemen Standard: Bahan Konstruksi Bangunan dan Rekayasa Sipil

Kontak

Copyrights © 2018 - SIMSTAN. All Rights Reserved