Pemasyarakatan Standar Pedoman Manual (SPM)

Dalam merealisasikan maksud pemerintah mewujudkan infrastruktur bidang pekerjaan umum dan permukiman yang andal melalui tahapan pembangunan, diperlukan penerapan Standar Pedoman Manual (SPM) untuk mendukung Instruksi Menteri PU No. 02/IN/M/2005 tentang Penerapan Standar, Pedoman, Manual dalam dokumen kontrak.

Dalam rangka penyebarluasan, pengenalan dan pengaplikasian SPM serta untuk mengurangi kesenjangan informasi mengenai SPM antar wilayah, Badan Litbang PU mengadakan upaya penginformasian SPM yang dilakukan melalui kegiatan Sosialisasi/Diseminasi yang menjangkau beberapa daerah serta mengembangkan Jejaring Informasi untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat di lapangan dan para pemerhati melalui Simpul Layanan Informasi SPM maupun melalui produk informasi lainnya.

Mengingat cakupan pengguna yang cukup luas, bagi peran dalam kegiatan Sosialisasi/Diseminasi sangat diperlukan. Bagi peran dalam pemasyarakatan standar antara sekretariat Balitbang dengan Pusat-Pusat Litbang adalah sebagai berikut:
 
a. Sekretariat Balitbang melakukan kegiatan pemasyarakatan standar di lingkungan perguruan tinggi dalam upaya agar Standar Pedoman Manual yang disusun dapat dijadikan salah satu acuan dalam pengajaran di Perguruan Tinggi selain acuan asing yang ada.
b. Pusat Litbang Sumber Daya Air melakukan kegiatan sosialisasi bekerjasama dengan Ditjen Sumber Daya Air di masing-masing Balai Wilayah Sungai bagi kalangan Pemda, asosiasi, konsultan/kontraktor terkait sesuai wilayahnya.
c.  Pusat Litbang Jalan dan Jembatan melakukan kegiatan sosialisasi bekerjasama dengan Ditjen Bina Marga di masing-masing Balai Jalan dan Jembatan bagi kalangan Pemda, asosiasi, konsultan/kontraktor terkait sesuai dengan wilayahnya.
d.  Pusat Litbang Permukiman melakukan kegiatan sosialisasi bekerjasama dengan Ditjen Cipta Karya dan dengan Pemda, asosiasi, konsultan/kontraktor terkait.
e. Pusat Litbang Sosekling melakukan kegiatan sosialisasi Standar Pedoman Manual mendukung masing-masing pusat litbang.

Tentang Kami

Kementerian Pekerjaan Umum: Sistem Informasi Manajemen Standard: Bahan Konstruksi Bangunan dan Rekayasa Sipil

Kontak

Copyrights © 2018 - SIMSTAN. All Rights Reserved