Pedoman Penulisan SNI

Pedoman BSN Nomor 8-2000 tentang Penulisan Standar Nasional Indonesia (SNI) merupakan penyempurnaan dari Pedoman DSN Nomor 39, dengan maksud para perumus SNI semakin mudah merumuskan dan mengenal format penulisan SNI yang meliputi bukan hanya standar barang tetapi juga standar jasa dan pelayanan.

Pedoman ini telah dibahas dalam berbagai pertemuan bersama pihak terkait perumusan SNI yang terdiri dari instansi teknis termasuk didalamnya dari lembaga Pusat Pembinaan dan Pengembangan, Departemen Pendidikan Nasional yang memberi masukan dalam hal penggunaan bahasa Indonesia baku.

Pedoman ini merupakan adopsi dari ISO/IEC Directives Part 3 Rules for structure and drafting of International Standars yang telah diadopsi pula oleh berbagai negara, terutama negara-negara anggota ASEAN.

Standar Nasional Indonesia (SNI) disusun untuk mendefinisikan ketentuan yang berhubungan dengan industri, perdagangan, kesehatan/keselamatan, ilmu pengetahuan dan teknologi serta komunikasi internasional. Penyusunanya sebagai bagian dari proses perumusan SNI harus lengkap, berkesinambungan, jelas, tepat, menggambarkan kerangka perkembangan teknologi masa depan, lugas, tegas, tidak menimbulkan interprestasi lain, dan mudah dipahami oleh pihak yang tidak berpartisipasi dalam perumusan SNI.

Berikut ini adalah seri PSN 8-2000 :
PSN 01-2007 Pengembangan SNI
PSN 02-2007 Pengelolaan Panitia Teknis Perumusan SNI
PSN 03.1-2007 Adopsi dan Publikasi SNI
PSN 04-2006 Jajak pendapat dan pemungutan suara dan perumusan SNI
PSN 05-2006 Tas untuk Pengendalian Mutu SNI
PSN 06-2007 Tata Cara Penomoran SNI dan Pedoman Teknis
PSN 08-2007 Penulisan SNI
Download File

Tentang Kami

Kementerian Pekerjaan Umum: Sistem Informasi Manajemen Standard: Bahan Konstruksi Bangunan dan Rekayasa Sipil

Kontak

Copyrights © 2018 - SIMSTAN. All Rights Reserved